Horison

Horison

Rabu, 27 Agustus 2014

Kokpit Pesawat



Naaaa ini salah satu pengalaman langka Saya selama travelling, duduk di kokpit sama om pilot selama 4 jam penerbangan! Belum ada kan? Yang ada juga kalian paling-paling duduk disamping pilotnya angkot apa pilotnya bis ya kan???? Terus kok bisa duduk di kokpit wong kokpit itu strictly prohibited for unanuthorized person? Mau tau? Yuk c’mon lets go!

Sebagai salah satu anggota keluarga pegawai Cathay Pacific, so udah dari sono nya dapet fasilitas setahun 4 kali dapet tiket kemanaajasesukalu, iya alias ke seluruh dunia yang jalur penerbangannya ter connecting dengan one world nya Cathay Pacific, so bukan sombong ya tiket Surabaya – Hongkong – Tokyo – Hongkong – Surabaya saya dulu itu mahal banget menurut ukuran saya, harganya Rp. 500.000,-! Mahal kan!! Pengen nangis deh he he he he he. Tapi namanya tiket keluarga tuh kalau di check in in di konternya masuknya tiket kasta rendah alias dikalahin dulu sama tiket resmi, baru kalo ada tempat kita boleh masuk. Ngeri-ngeri sedap kan (comot kata-kata Pak SB) sedap bisa jalan-jalan ke luar negeri harga murah, ngeri nya kalau gak dapat tempat/di kick gara2 tiket kasta atas yang masuk.

Nahh kejadian ini kejadian sama saya pas lagi liburan ke Hong Kong tahun 2010 an, sehabis muter-muter Hong Kong kl 5 harian akhirnya rencana pulang deh hari Sabtu sorenya, so Jumat malem ngecek ketersediaan kursi deh, aman katanya sistem. Karena aman ya santai-santai aja termasuk ke bandara agak siangan alias jam 12 baru nyampe Chep Lap Kok alias HKIA, di HKIA langsung aja coba check in, lahh tapi kok antriannya panjang dan lama, waduh alamat ada masalah nih, ketar ketir. Antre punya antre pas di depannya mbak counternya dia ngecek lgs bilang masuk cadangan! Bayangin cadangan artinya udah tiket kasta rendah masih masuk cadangan dibawah tiketnya om pilot, pejabat2 airways dll pokoknya tuh kelas kasta tiarap deh tiketnya. Disuruh nunggu padahal pesawatnya berangkat jam 3 dan ini sudah jam 1.30. Yah mau gmana lagi jelas-jelas untuk besok penuh ya alamat extend cuti deh (ngebayangin muka bos kayak setan gara2 nambah cuti hiiiiiiiii).

Tunggu punya tunggu udah jam 2.00 kok gak dipanggil-panggil, padahal udah ngumpul tuh sesama kasta rendah ada yg mau ke London, Singapura, New Delhi dll. Satu demi satu dipanggil, kok saya belum ya. Akhirnya jam 14.30 dipanggil ke counter, dia bilang penuh kecuali Jump seat. Hah jump seat? Emg pesawat penumpang ada tempat buat terjun payungnya? Emang terjun dimana? Bukan ding namanya jump seat ya kuris-kursinya pramugari yang bisa dilipet itu, termasuk ada di kokpit. Tapi dia bilang kalau mau jump seat tuh harus persetujuan dari pilot alias ijin pilot dia setuju gak ada orang asing di cockpitnya. Yaahhh nunggu lagi deh padahal 15 menit sebelum tutup gate, ya mau gmana lagi nunggu deh lagi. Sejelek-jeleknya gagal berangkat ya tidur di bandara he he he. Tunggu punya tunggu dipanggil lagi dan pilot setuju!!! Yippie pulang dah ke Indonesia.

Cetak boarding pass dll langsung deh lari ke immigrasi, OMG antrain immigrasi lumayan mengular! Padahal Cuma sisa 10 menit lagi......untungnya immigrasi HKIA gak lelet kaya immigrasi Juanda, ga pake diperiksa langsung distempel lagian udah dianggep WN HK kali yaa saking banyaknya cap HK. Sisa 5 menit........ Tau gak gate nya di gate 85! Coba banyangin jauhnya gate 85 dibandingkan Juanda yang gate nya sampe 10 doang! Terpaksa lari kenceng deh soalnya jauh banget (bye-bye Liquor store! Bye2 Majalah Akashi n Playboy untuk oleh2 hik hik hik). Tepat 3 menit saya sampe di gate 85 untung belum ditutup saya benar-benar termasuk penumpang terakhir!

Lepas tas punggung di bawain pramugarinya ke kelas bisnis ehhh dikirain didudukin sana, Cuma tas nya ditaruh di bagasi doang selanjutnya orangnya dikeler sama pramugari ke ruang pilot. Nahhh ternyata di dalam cockpit itu lumayan luas loh, bisa selonjoran, tempat duduknya model lipat nempel didinding terus seat belt nya 5 titik, pasang sabuk selesai, jadinya serasa naik pesawat tempur neh. Clingak clinguk ni kok banyak tombol-tombol ya? En om pilot dua-duanya bule lagi sibuk buat persiapan take off. Ehhh dua-duanya noleh en kenalan katanya : Hello Nice to meet you, welcome aboard. My name is dstdsb, n this my co pilot his name is dllajr (Aku lupa wkwkwkkwk), trus nanya pernah ke kokpit apa gak dll ehh trus dia nunjuk ke arah jendela pesawat bil “ in case emergency, dont jump. Use rope next to you sambil ketawa. Gw bengong... Ehh ternyata dia bercanda, kalo ada apa2 turunnya ada pintu ke bawah bukan lewat jendela. Dasar pilot Geje.

Ni kira2 penampakannya, copas, mau foto2 males soalnya Pilotnya cowok..........
 

Ngeliatin pilot kerja seru juga, semuanya serba otomatis, pencet sono pencet sini siap deh tu terbang. Ehhhh handle gak kaya film2 tapi kayak joystick game keliatan gampang banget nih nyetir pesawat. Jangan-jangan turun pesawat bisa langsung deh ngendaliin. Nah selama di kokpit tuh pilot serius merhatiin instrumen trus ngisi-ngisi ceklist gitu deh. Selain itu otomatis sistem yang jalanin. Ntar kalo masuk ke wilayah udara negara mana, paling lapor ke menara pengawas trus diusuru naik / turun ketinggian tertentu, ehhh enak banget tinggal geser knob turun/naik, gerak deh tuh pesawat gak perlu nyetir.

Liat sekitar tempat duduk pilot enak banget bisa maju mundur elektrik sama empuk dikasi kaya bulu domba gitu, sementara tempat duduk jumpseat ku kaya papan setrika dilipet kaku keras ga bisa maju mundur dan posisi tegak, apalagi dapet peringatan dari kapten Never Open Seat belt! Gitu kaptennya wanti-wanti. Pasrah deh diem ngeliatin orang kerja, mau baca masa baca manual pesawat, mau tidur ntar pas ngorok di usir kokpit, mau berdiri ya gak mungkin, mau gantiin nyetir apalagi. Serba salah deh. Untungnya biarpun di jumpseat tetep dapat makan n minum. Tapi gak enaknya minumnya tuh dikasi air ukuran botol aqua 1.5 liter, biar gak minta2 lagi tuh kayaknya sama si pramugari. Ehh ngintipin menunya pilot wuihhh hot plate steak! Bener-bener hot plate. Edannnn. Sirik setengah mati nih liat dari belakang. Minumnya juga bervariasi. Apes apes Cuma bisa ngiler. Udah bayangin bisa duduk manis di kelas ekonomi biar bisa tidur n makan enak, ehhh dapetnya jadi arca penunggu kokpit. Sial!

Tuh kalo jadi pilot apa ga bosen ya liat langit doang ke depan, gak ada TV, kerjanya Cuma ngisi ceklist ma ceklak ceklik tombol, keluar Cuma ke toilet. Ini Cuma 4 jam gimana yang 12 jam? Kalau gw bakal lari keliling pesawat saking bosennya. Akhirnya dari pada bosen liatin nih sekeliling kokpit. Yang paling istimewa tuh jump seat nya ada lebih dari 1, buku manual ada juga lengkap (emang kalo mogok sempet ya baca manual?????), tombolnya buanyak bingitsss tapi yang sering kepake paling Cuma 3. Pintu ke kokpit tuh dari baja soalnya pas dibuka keliatan berat dikendalikan tombol open dari dalem kokpit (yg bisa mencet Cuma pilot/ ko pilot doang), yang masuk mencet interkom trus ada kameranya (ni gara2 sering ada pembajakan), pemandangan depan monoton biruuuuuu terus, pas mendarat tuh baru agak sibuk pilotnya dan parahnya di dalem kokpit suhunya 17 celcius dan saya gak pake jaket. Dasar Bule!

Moral of the story : Pilot adalah raja, penumpang jump seat adalah angin lalu..............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar