Horison

Senin, 21 Januari 2013

The Pants Boot Camp 2012

Judulnya sih boleh keren dan tidak mainstream : Boot Camp. Boot Camp sendiri kalau di search di internet artinya kamp pelatihan militer. Istilah Boot Camp ini sekarang dipakai secara luas untuk tempat pelatihan fisik. Nahh kenapa pakai judul ini, ini juga ada ceritanya dan masih terkait dengan artikel sebelumnya yakni The Pants.

Kalau sudah membaca artikel sebelumnya, maka semuanya tahu asal muasal dan sejarah The Pants jadi tidak sulit lagi mengikuti ceritanya. Kali ini untuk menyingkat kata The Pants maka saya singkat menjadi ”crew”. Menjelang penghujung tahun 2012 yang semakin dekat sekaligus tekanan kerja yang meningkat (namanya juga kerja di bank setiap hari under pressure) kita semua kepingin refreshing dengan kegiatan petualangan beramai-ramai. Crew diminta sumbang saran perihal kegiatan ini, karena kerja saya relatif longgar maka saya sambi dengan browsing internet tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi dari Sabang sampai dengan Merauke (he he he he), baca punya baca beberapa blog dan destinasi wisata kok saya tiba-tiba teringat perjalanan saya bulan Juni 2012 gara-gara iseng saat ke Malang karena gatal ingin keluyuran saya memutuskan untuk pergi ke pantai selatan Malang yakni Pantai Balekambang, dan teringatlah kalau Malang Selatan punya pantai yang lumayan untuk dijadikan tempat wisata. Kalau Balekambang sih untuk ukuran crew mereka bakalan tidak tertarik karena kurang menantang, tapi saya ingat di Balekambang ada pulau untuk kemping yakni Pulau Sempu.

Nah dari sinilah saya mencoba menggali informasi ternyata di pulau Sempu ada pantai tersembunyi seperti laguna dengan nama Pantai Segara anak. Tidak berbatasan langsung dengan laut tapi membentuk danau dikelilingi perbukitan karang. Liat punya liat ternyata review dan gambar pantainya tidak kalah dengan Maya Island di Thailand. Dan ternyata untuk kesana harus trekking terlebih dahulu menembus hutan selama kurang lebih 2 jam serta harus camping disana karena tidak ada penduduknya. Dalam hati saya, ”WOW” kenapa tidak???!!!!! So dengan semangat saya membuka facebook saya dan membuat undangan komite untuk crew membahas rencana refreshing kita ini. 5 menit kemudian undangan siap dan terkirim ke para anggota untuk komite di tempat nongkrong seperti biasanya yakni benoa cafe he he he he. Iseng-iseng sore hari saya cek undangan ternyata crew menyanggupi undangan kuriltai ini (kuriltai; baca : pertemuan para pemimpin) dengan catatan membawa tablet untuk menggali informasi.

Hari yang ditentukan untuk meeting pun tiba, sepulang kerja crew berkumpul di Benoa Cafe makan malam sekaligus membahas rencana jalan-jalan kali ini, banyak usulan yang dikeluarkan mulai pantai Sukamade, Banyuwangi, Gunung Ijen, Bromo, Rafting, Bali dll tapi semuanya tidak bersemangat karene mereka menginginkan sesuatu yang lain yang lebih menantang. Pada saat mereka tenang saya bilang kenapa kita tidak camping di Pulau Sempu saja, disana ada pantai yang indah. Mereka terdiam dan mulai browsing tablet masing-masing. Voilla!!! Antusiasme nya mulai muncul, crew mulai ribut membicarakan pantai ini, akhirnya saya ceritakan pengalaman saya sebelumnya ke pantai yang berdekatan dengan pulau Sempu. Saya bilang pantainya indah, lokasi di Malang Selatan dengan kurang lebih 2 jam perjalanan alias mudah terjangkau. Debat punya debat secara umum mereka setuju dengan pulau Sempu, namun jadi masalah adalah kesana harus camping bila ingin menikmati keindahan pantainya. Padahal anggota crew adalah notabene orang rumahan alias bukan pencianta alam. Kita cinta petualangan tapi untuk camping pasti menjadi masalah untuk sebagian besar crew. Debat punya debat karena sebagian besar crew punya masa muda kurang bahagia alias orang rumahan semua akhirnya crew yang hadir setuju dengan camping.

Akhirnya musyawarah untuk mencapai mufakat memutuskan secara bulat AKA Big O pulau Sempu sebagai destinasi terakhir The Pants untuk tahun 2012 sekaligus sebagai ajang pembuktian diri kalao crew adalah orang-orang yang tangguh dan tanah cobaan (wkwkkwkwkk) sebagai agenda penutupan tahun sekaligus kegiatan jalan-jalan The Pants maka diambil nama untuk kegiatan ini adalah The Pants Boot Camp 2012. (sudah pake bold, italic pula, yang penting keren namanya J). Sebagai catatan untuk kegiatan ini anggota terdaftar harus ikut alias tidak boleh absen karena merupakan penutupan kegiatan The Pants 2012.

Mengingat penetapan D-Day nya semakin dekat maka kita sekalian membahas dan mendata perlengkapan dan kebutuhan peralatan apa saja yang diperlukan untuk camping disana selama 2 hari / 1 malam. Saya pikir mereka agak ragu mengenai acara camping ini tetapi malah mereka semangat sekali mendata peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan ini. Terutama yang pengin camping tapi baru kesampaian sekarang. Peralatan dan perlengkapan yang diperlukan setelah didata disesuaikan dengan jumlah anggota ternyata diluar dugaan cukup banyak. Bagaimana tidak banyak anggota yang harus ikut ada 19 orang. Terbayang kan bagaimana ribetnya mengatur peralatan dan perlengakapn untuk orang sebanyak itu? Bahas dibahas dan terus dibahas akhirnya rencana semakin matang dimana rencana umumnya adalah berangkat dari Jember jam 19.00 sepulang kerja langsung ke Malang untuk menginanp di rumah saya yang kebetulan kosong selanjutnya jam 05.00 berangkat dari Malang langsung menuju Pelabuhan Sendang Biru.

Untuk perlengkapan sendiri meliputi ransel dengan kapasitas minimal 35 Liter, tenda isi 4 orang sebanyak 5 tenda, makanan, minuman, kendaraan dan peralatan perlengkapan lain yang sifatnya pendukung. Setalh di data termasuk bagaimana cara memperolehnya serta perhitungan biayanya maka hasil rapat ini dituangkan dalam notulen (ceileeeee....) dan dibagikan ke masing-masing anggota termasuk tugas dan tanggung jawab masing-masing anggotanya. Setelah lengkap akhirnya kita masih punya waktu efektif 3 minggu untuk melengkapinya dan siap berpetualang. Nah untuk petualangannya di cerita selanjutnya ya guys............................