Horison

Rabu, 11 April 2012

Lost In Japan 1 - Snow Fall

Ni masih sambungannya Japan 2009 Part 1, tuh cerita kan masi sampe pengurusan ehh perpanjangan passport di Jember yang ribetnya minta ampun, ni lanjutannya melanglang buana ke heian kyo alias tokyo. Singkat kata-singkat cerita saya berangkat ke Tokyo via Surabaya-Singapura-Hong Kong-Tokyo, dengan penerbangan Singapore airlines karena saya mampir ke Singapura dahulu lalu disambung ke Hong Kong dengan Cathay Pacific trus lanjut ke Tokyo dengan Cathay Pacific Juga. Untungnya bukan penerbangan nonstop tapi transit-transit so gak capek, sekalian jalan-jalan juga. Penerbangan Hong Kong - Tokyo memakan waktu kurang lebih 4 jam untungnya cuaca baik, karena kondisi dingin di kaca jendela ada pemandangan menarik. snowflakesbertebaran di kaca jendela. Kalo gak tau snowflakes buruan dah browsing, soalnya jujur aja nie saya manusia tropis baru pertama kali liat dengan mata kepala saya sendiri apa tuh snowflakes, dan emang bagus sebagus gambarnya. Walaupun cuaca bagus sempat ada peringatan penggunaan sabuk pengaman karena memasuki daerah turbulence dan sempat pesawat drop ketinggian namun katanya sih wajar. Setelah beberapa saat akhirnya saya mendarat di bandara Narita. Tokyo I'm coming!!!

Dari jendela pesawat nampak suasana sepi tidak seperti bandara Internasional lainnya yang ramai, ini malah keliatan sepi dengan bangunan-bangunan yang kaku. Turun dari pesawat udara dingin segera menyergap untung sudah siap jacket tebal, ini masih di ruangan, bayangkan kalo udah di luar sana. Ni berdasarkan info yang saya terima di bulan-bulan Februari-Maret masih dingin walaupun katanya sih masuk musim semi. Masuk ke custom untung koper saya lewat begitu saja sedangkan koper penumpang-penumpang lain di bongkar habis-habisan. Lewat dari custom saya antri di Imigrasi, agak lama tidak seperti di Singapura dan Hong Kong cuma periksa passport saja di jepang selain passport diperiksa detail, diwajibkan pula scan kesepuluh sidik jari dan scan retina! Wow! Mantabs! Trus di wawancarai juga berapa uang yang dibawa, tujuannya apa kesini serta nginep dimana semua saya jawab dengan lancar dan voilla mbak-mbak imigrasi men stempel passport saya sambil tersenyum manis. Padahal di loket lain tuh wajahnya jutek-jutek, mungkin karena saya mirip orang jepang kali ya????

Ehhh tau gak bandara di Tokyo saya pikir canggih dan bagus modelnya kaya di Chep Lap Kok - HK apa Changi- Sin ehhh ni Narita malah kaya bandara Soetta Jakarta mirip banget. Siapa niru siapa nih pikir saya he he he. Sampe ke hotel pertama yang saya lakukan adalah mengambil peta dan oetunjuk wisata dan transportasi. Apa yang terjadi 2 jam kemudian saya masih membaca peta dan membaca peta MTR, gak ada yang nyambung soalnya bahasa kanji dan sedikit sekali tulisan latinnya. Putus asa saya membaca peta soalnya kaga ada yang ngarti. Saya putuskan pake senjata mujarab saja kalo besok mau jalan-jalan nanya resepsionis dan bonek! Alhasil keesokan harinya dengan berbekal peta buta dan hasil wawancara ke resepsionis untuk pemanasan saya jalan ke arah stasiun kereta Narita api kira-kira 4 km dari hotel. Bener-bener jalan kaki karena masih belum tau moda transportasi apa kearah sana, dibalut jacket tebal dan sarung tangan karena suhu mencapai 5 c namun udara sangat cerah, sambil jalan clingak clinguk kanan kiri cari-cari pemandangan yang ada hamparan rumah-rumah kaya kotak sepatu kecil-kecil dan bentuknya kotak-kotak dan toko-toko kebanyakan showroom mobil. Dijalanannya sendiri cukup ramai berbagai jenis mobil yang terbanyak mobil-mobil kecil model kayak punyanya psot man pat itu tuh.

Tak terasa sampai pula di Narita Stat disana tidak terlalu ramai waktu saya liat bagaimana beli tiket dan pembayaran ternayat gak sama kaya di HK dan Sin! Shit! Trus ni bagaimana jadinya? Bener-bener Lost In translation nih kaga ngarti apa-apa, kemana-mana lagian soalnya semua huruf kanji. Dari pada bingung saya muter-muter stasiun itu untul liat tujuan bis-bis pada kemana aja sambil nanya-nanya. Ternyata ada bis tujuan AEON Mall dekat hotel so saya bisa memakai ini pulang, dari pada mubazir akhirnya saya ikuti petunjuk ke kuil Narita atau dikenal Naritasan Shinsoji Temple merupakan kuil Budha di dekat Narita Stasiun dan ramai pengunjung dan toko-toko kerajinan. Pantes pas saya jalan tadi di kejauhan ada kayak pemancar sellular ternaya atap ni kuil.

Pemandangannya bagus dan taman-tamannya menarik saya jadi inget buku kesukaan saya yakni Taiko, jadi inget jaman Samurai. Puas berkeliling Naritasan Shinsoji temple saya melanjutkan berkeliling ke Narita Keisei stasiun mencari 711 untuk beli nasi kepal buat mengganjal perut, karena kalau makan di rumah makan di jamin bokek. So makannya nasi kepal atau roti yang harganya masih terjangkau. Melas bgt ya kalo jadi turis kere kaya saya he he he he. Pas lagi duduk-duduk di taman tidak sengaja saya lihat ada bis kaya yang di hotel ternyata setelah diliat baik-baik ni bis mampir hotel tiap 1 jam sekali sooo harusnya tadi gak usah jalan tapi nunggu ni bis di depan hotel. Kepalang basah lagian saya suka jalan kaki. Pulang ke hotel saya juga jalan kaki sekaligus mampir ke AEON Mall buat cari makan dan membeli roti dan susu buat stok makan pagi siang dan malam. Ternyata di supermarketnya kalo udah jam 7-8 malem tuh makanan kaya sushi, nasi kepal, roti-roti dll di discout sd 50% apalagi nungguin tutup kayaknya gratisan so pantes aja malem-malem kok malah rame ternayat nunggu diskonan toh. Makanya saya beli makanan seperti nasi kepal, roti buat bekal besok mumpung diskon.

Keesokan harinya dengan berangkat pagi saya berniat menuju Tokyo, yang jaraknya kl 70-80 km dan menurut informasi bisa menggunakan Keisei line tapi berganti ganti tapi murah atau skyliner turun di Ueno dengan harga yang agak mahal tapi ditempuh kl 1 jam. Karena masih begginer dan takut nyasar so saya pilih skyliner ke Ueno yang dekat dgn Tokyo. Kebetulan kalo gak nyampe ke Tokyo masih ada Ueno Park dengan musiumnya yang besar (kata buku panduan). Ternyata Skyliner tuh kereta cepat / lumayan cepet kayak kereta eksekutif Argo bromo cuma lebih nyaman.Sampe di Ueno segera saya menuju Ueno park, udara dingin 10* celsius namun cerah tampak di Ueno Park ramai pengunjung. Pemandangan yang hanya pernah saya liat di TV dan internet segera muncul didepan saya, cherry blossom alias sakura. Bagus banget warna nya lembut sayang masih belum sepenuhnya mekar namun bagus sekali. Sampe mlongo saya liat namanya bunga sakura. Muter-muter di Ueno park tidak ada yang membosankan semua menarik, ada museum alam nya namun masuk ke situ harus bayar, Tidak apa-apa yang penting gak kedinginan alias anget. Trus ada kuil ditengah danau dan dsana ada bapak-bapak jepang menyapa dan langsung bisa menebak saya dari Indonesia, karena beliau pernah ke Indonesia. Ngobrol-ngobrol lama dsana sambil dia cerita mengenai Ueno park dan saat kita berpisah Ybs memberikan no telp dan alamat serta alamat email kalo-kalo saya butuh bantuan.

Tidak terasa sore menjelang saya bergegas menuju Ueno sta untuk naik skyliner ke Narita keisei karena bis terakhir jam 8 malem. Udara drop ke 5*C dan kayaknya makin drop soalnya biarpun udah pake sarung tangan masih terasa dingin. Sampai di Narita Keisei udara makin menusuk tulang saat keluar dari stasiun apa yang terjadi turun hujan salju. Lucu butiran-butiran salju turun dan langsung cair di tangan jangan dikata dinginnya seperti apa, sampai menusuk tulang. Tapi herannya cewek smu dsana dinginnya kayak gitu ttp aja pake rok mini, padahal penampulan saya udah kaya orang eskimo alias jacket double he he he. Menderita banget nunggu bis ditengah hujan salju selain dingin nelangsa karena laper he he he he.